Mengenal Konsep Telemedicine di Indonesia


Perkembangan teknologi kini semakin maju dan merambah berbagai bidang, termasuk kesehatan. Alat-alat kesehatan kini semakin canggih dan sangat membantu terutama dalam diagnosis dan pengobatan pasien. Namun tidak hanya sampai di situ, teknologi kesehatan kini juga berkembang pada sistem pelayanan kesehatan. Tidak menutup kemungkinan perkembangan teknologi ini dapat mempengaruhi konsep telemedicine di Indonesia.
Mungkin Anda sudah mendengarnya? Ya, perkembangan besar yang terjadi pada sistem pelayanan kesehatan adalah telemedicine atau telemedika. Layanan telemedika merupakan layanan kesehatan yang memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan.
Mungkin sebagian dari Anda masih belum familiar dengan layanan kesehatan yang satu ini? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Apa Itu Layanan Telemedis?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa layanan telemedicine atau telemedis adalah layanan kesehatan yang memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan. Dengan adanya layanan telemedis, pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung (telekonsultasi).
Terdapat beberapa jenis layanan telekonsultasi, dapat berupa percakapan teks (chat), panggilan suara, dan panggilan video. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan pasien sehingga pasien lebih fleksibel dalam tempat dan waktu. Selain memudahkan pasien, tentunya hal ini mempermudah dokter dalam menolong pasien. Terlebih dalam situasi pandemi seperti saat ini. Risiko akan terjadinya penularan penyakit pun menjadi lebih rendah.
Meski layanan kesehatan yang satu ini cukup terkenal dan sudah banyak digunakan di mancanegara, di Indonesia sendiri layanan ini masih kurang banyak digunakan. Di Indonesia sendiri, layanan telekonsultasi yang paling sering digunakan adalah percakapan teks, panggilan suara, dan panggilan video.
Dalam pelaksanaannya, layanan telemedis dilakukan secara real time atau memerlukan kehadiran kedua belah pihak di waktu yang sama. Selain itu layanan telemedis juga memerlukan media penghubung yang menjadi perantara pasien dengan dokter seperti internet dan perangkat keras (komputer dan telepon genggam).

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telemedis

1. Memudahkan Pasien dalam Mengakses Pelayanan Kesehatan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa keuntungan pertama akibat munculnya teknologi ini adalah memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. Pasien jadi jauh lebih fleksibel dalam waktu dan tepat. Terlebih layanan ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun.
2. Praktis
Selain memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan, layanan ini juga membuat layanan kesehatan jadi lebih mudah dan praktis. Tidak hanya sampai layanan konsultasi, layanan tebus obat kini juga bisa diakses secara online sehingga pasien tidak perlu ke apotek dan mengantri.
3. Keterbatasan Ruang dan Waktu
Jika sebelumnya kita membahas mengenai kelebihan dari layanan ini, telemedis juga memiliki keterbatasan, salah satunya adalah keterbatasan ruang dan waktu. Hal ini membuat dokter menjadi lebih kesulitan dalam menegakkan diagnosa karena tidak bisa memeriksa fisik pasien secara langsung.
4. Kesalahan Teknis
Meski mempermudah pasien dan dokter, hambatan lainnya dalam melaksanakan layanan kesehatan ini adalah kesalahan teknis. Terkadang hal-hal yang tidak terduga dapat terjadi seperti kecepatan internet yang lambat, aplikasi error, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat informasi yang diberikan antara pasien dan dokter menjadi tidak maksimal dan berisiko menimbulkan kesalahan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 WooCommerce Floating Cart

No products in the cart.

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?