5 Hal ini Dapat Turunkan Imunitas Tubuh


Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kebiasaan hidup. Dimulai dari berubahnya keseharian yang kita kenal dengan new normal dimana memakai masker merupakan hal wajib saat berada di luar rumah bahkan ada jarak yang ditentukan antar individu sebagai jarak aman untuk menghindari penularan. Namun bukan hanya hal itu yang harus diperhatikan oleh kita, meskipun hal yang disebutkan tadi penting tapi ada hal lain yang tidak boleh kita lupakan, yaitu menjaga imunitas tubuh, apalagi di masa pandemi ini.
Imunitas tubuh sebagai benteng dalam tubuh kita untuk mempertahankan kesehatan. Imunitas adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke tubuh kita. Substansi asing tersebut bisa berasal dari luar maupun dalam tubuh sendiri. Oleh karna itu, semakin baik sistem imun kita maka semakin kecil kemungkinan kita terjangkit penyakit.
Untuk menjaga imunitas kita, sebaiknya kita hindari hal-hal yang dapat membuat sistem imun kita menurun. Diantaranya :

1. Stres

Kesibukan sehari-hari, pekerjaan bahkan urusan rumah tangga bisa sangat mempengaruhi fikiran kita, ditambah berita-berita menakutkan tentang pandemi Covid-19 dan keadaan Indonesia saat ini yang makin membani fikiran kita.
Namun, sebisa mungkin selalu jaga fikiran kita untuk tetap relax dengan cara menyelesaikan tugas-tugas secara bertahap, membaca berita-berita yang baik dan mencari hiburan ditengah kesbukan sehingga terhindar dari stres. Karna Stres ini bisa menyebabkan perubahan-perubahan fisiologis yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang. Maka dari itu tidak salah ketika stres disebut gerbang awal menuju sakit.

2. Kurang tidur

Tidur merupakan saat dimana tubuh paling beristirahat. Sehingga sangat perlu untuk mengatur dan menjaga pola tidur.
Sejumlah studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan aktivitas sel imun tubuh.
Seperti diketahui, saat tidur malam, tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin yang berfungsi untuk, antara lain: Meningkatkan daya tahan tubuh Mengatur irama harian Menyusun kembali memori

3. Kurang olahraga

Menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga teratur terbukti bermanfaat. Karna olahraga dapat membantu metabolisme tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan imunitas lebih terjaga. Kurangnya olahraga bisa mendatangkan berbagai penyakit karna lambatnya metabolisme dan bahkan bisa menyebabkan insomnia atau susah tidur sehingga pola tidur terganggu dan berakibat pada turunya imunitas tubuh.

4. Merokok dan minum alkohol

Sudah umum diketahui bahwa rokok dan minuman beralkohol mengandung zat-zat aktif berbahaya yang bisa menyebabkan kanker dan gangguan lain, termasuk menurunkan imunitas tubuh karna zat-zat tersebut dapat masuk ke dalam aliran darah dan merusak sistem imun yang ada. Bahkan Kebiasaan merokok juga akan membuat kadar antioksidan, seperti vitamin C, di dalam darah menjadi berkurang. Padahal anti oksidan sangat berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

5. Kurang konsumsi vitamin dan mineral

Menjaga pola makan sehat sama dengan menjaga imunitas tubuh, maka dari itu perbanyak makan sayur dan buah untuk memperkaya vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk imunitas tubuh.
Hindari mengkonsumsi junk food atau makanan siap saji berlebihan karna mengandung banyak lemak jahat yang berbahaya dan beresiko menurunkan sistem imun.

Hukum Vaksin COVID-19 dalam Islam : Halal atau Haram ?


Pada hari Rabu (13/01/2021) pemerintah Indonesia mulai melaksanakan vaksinasi covid-19. Vaksinasi merupakan langkah penting dalam memutus rantai penyebaran covid-19 yang semakin tidak terkendali. Banyak varian vaksin yang digunakan oleh pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi ini diantaranya AstraZeneca, Sinovac, moderna, dll. Namun, dikarnanakan masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini membuat program vaksinasi sempat menjadi obrolan panas terkait halal atau haramnya vaksin yang digunakan. Karna sempat beredar bahwa vaksin tersebut mengandung bahan haram menurut ajaran islam. Namun demikian pemerintah tetap menggunakan vaksin tersebut. Lalu bagaimana hukum vaksin sebenarnya ?.


Menurut wakil ketua lembaga perguruan tinggi nahdlatul ulama (LPT NU), Dr, Phill. Syafiq Hasyim, MA pada dasarnya pemberian vaksin merupakan cara untuk menjaga kesehatan. Hal itupun sesuai dengan ajaran islam yang mana kita harus melindungi nyawa seseorang. Jadi meskipun bahan yang digunakan tidak halal tetap boleh diberikan karna merupakan kondisi darurat.
Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan fatwa mengenai hukum vaksin dalam Islam. Adapun, fatwa pertama untuk hukum vaksin rubella dalam Islam adalah (1) haram karena produksi vaksin memanfaatkan unsur babi. Fatwa selanjutnya yang tertulis dalam surat Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR (Measles Rubella) produk dari SII untuk imunisasi adalah (2) diperbolehkan (mubah) karena (a) ada kondisi keterpaksaan, (b) belum ditemukan vaksin rubella yang halal dan suci, dan (c) ada keterangan dari ahli yang kompeten dan dipercaya tentang bahaya yang ditimbulkan akibat tidak diimunisasi dan belum adanya vaksin yang halal
Dari fatwa MUI terkait vaksin rubela tersebut bisa disimpulkan bahwa vaksin COVID-19 pun boleh digunakan jika dalam kondisi terpaksa dan belum ada vaksin sejenis yang halal. Namun demikian tetap harus ada keterangan dari ahli yang kompeten di bidangnya.

Jaga dan Tingkatkan Imunitas dengan Makanan Sehat


Pandemi covid-19 membuat berbagai kekhawatiran dalam fikiran kita. Hal ini dapat memicu stres dan membuat sistem imun kita turun sehingga menjadi rentan terpapar penyakit. Apalagi, menurut BMKG, Indonesia memasuki penghujung musim kemarau yang membuat suhu udara lebih dingin, khususnya di Indonesia bagian selatan. Dengan demikian sangat penting untuk menjaga sistem imun agar tetap fit dan terhindar dari penyakit.
Sistem imun merupakan tembok pertahanan dalam tubuh untuk mencegah gangguan-gangguan yang dapat membahayakan tubuh. Oleh karna itu, semakin kuat sistem imun semakin kuat tubuh kita dalam menghadapi serangan-serangan penyakit, begitupun sebaliknya ketika sistem imun lemah maka semakin rentan tubuh kita terpapar penyakit.
Banyak cara untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh kita, salah satunya dengan pola makan sehat dan teratur. Makanan merupakan pemasok utama energi dan kebutuhan tubuh, oleh karna itu semakin bagus makanan yang masuk maka semakin bagus hasil yang didapatkan oleh tubuh. Lalu, makanan seperti apa sajakah yang dapat meningkatkan imunitas ?
Berikut makanan-makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh :
Mengandung Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan sebagai perlindungan terhadap infeksi. Apa saja bahan makanan sumber vitamin A? vitamin A bisa diperoleh dari wortel, brokoli, ubijalar, bayam, minyak ikan, kuning telur.

Mengandung Vitamin E

Vitamin E merupakan antioksidan yang menertralkan radikal bebas.Selain itu, konsumsi Vitamin E juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.Bahan makanan yang tinggi vitamin E antaralain : almond, minyaksayur, kacang-kacangan, sayuran hijau.

Mengandung Zinc

Zinc berfungsi untuk mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Seafood, daging sapi, hati ayam, telur dan keju adalah beberapa bahan makanan yang mengandung Zinc.

Mengandung Vitamin C

Vitamin C berperan dalam membantu pembentukan antibodi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti strawberry, jeruk, tomat, jambu, dll.

Zat gizi lain dalam bahan makanan yang juga bermanfaat adalah Vitamin B6, Folat Selenium,

Susu Beruang Bisakah Sembuhkan Covid-19?


Di era Covid -19 ini banyak sekali berita berita yang beredar di masyarakat, entah itu fakta maupun hoax, masyarakat kebanyakan akan langsung mempercayai berita yang tersebar tanpa mencari tahu benar atau tidaknya berita tersebut.
Diantaranya ada berita bahwa susu beruang dapat menangkal covid-19, adanya berita tersebut tentu membuat masyarakat resah dan berbondong-bondong membeli dan bahkan memborong susu tersebut, dan dampaknya membuat stok susu tersebut menjadi langka dan harga di pasaran langsung melonjak naik dari harga asal.
Lalu apakah benar susu beruang dapat menyembuhkan Covid? Mari kita simak penjelasanya

Menurut dr.raissa E.Djuanda, M.Gizi,SpGK dari rumah sakit MMC, Jakarta, segala produk susu umumnya memiliki kandungan yang sama yaitu sumber kalsium, vitmin D dan magnesium yang tinggi. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang.
“tetapi belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi susu beruang bisa meminimalkan sakit covid.” Ujarnya kepada Momsmoney Selasa(6/7)”
Dengan begitu sudah di katakan bahwa susu beruang belum tentu dapat menyembuhkan Covid-19 dan belum ada penelitian lebih lanjut, sehingga diharapkan agar masyarakat jangan langsung mempercayai berita berita yang beredar sekarang ini.

Vaksin Dapat Menimbulkan Efek Samping Berbahaya Apakah Benar?


Banyak masyarakat yang masih ragu untuk vaksin, dan bahkan tidak sedikit masyarakat yang menolak vaksin. Apalagi dengan beredarnya berita berita yang belum di ketahui benar atau tidaknya di kalalangan masyarakat.
Kurangnya edukasi membuat tak sedikit masyarakat awam menjadi skeptis terhadap alasan kenapa harus vaksin. Terlebih saat mengetahui bahwa angka efikasi vaksin corona pilihan Indonesia yang terbilang rendah. Belum lagi dengan efek samping yang masih terus diteliti.

Melalui vaksin, tubuh akan terlindungi dengan cara membentuk respons antibodi tanpa harus sakit terlebih dahulu. Artinya, vaksin COVID-19 mampu melindungi tubuh seseorang dari infeksi virus corona. Tidak hanya itu, jika kamu terinfeksi virus penyebab COVID-19, vaksin bisa membantu mencegah tubuhmu dari sakit parah atau potensi munculnya komplikasi serius.
“Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 tidak menimbulkan efek samping serius. Dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes No. HK. 02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19), dijelaskan bahwa secara umum, vaksin Covid-19 tidak menimbulkan reaksi pada tubuh, atau apabila terjadi, hanya menimbulkan reaksi ringan.”

Cegah Covid-19 Dengan 5 Cara ini

Semakin bertambahnya kasus positif covid membuktikan bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara pencegahan covid.
Disini saya akan menjelaskan beberapa pencegahan untuk meminimalisir penularan covid-19 di masyarakat.
1. Membatasi Lingkungan social

Mengurangi jumlah orang-orang dalam lingkaran sosial juga baik dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus corona apa pun variannya. Hal ini karena jika gelembung sosial semakin besar, akan semakin menyulitkan pelacakan jika terjadi kondisi salah satu positif. “Kita adalah makhluk sosial, jadi melakukan isolasi mungkin bukanlah hal yang menyenangkan. Jika Anda memutuskan untuk keluar, Anda harus bersama beberapa orang yang sangat tepercaya,” kata Tetro.
2. Perhatikan penggunaan masker

Hindari menggunakan masker yang sangat tipis, dan apabila menggunakan masker kain sebaiknya sering di cuci, hindari juga penggunaan masker sekali pakai berulang kali.
3. Sering Mencuci Tangan

“Mengingat virus corona varian baru mungkin lebih menular, aktivitas seperti menyentuh kartu kredit atau pegangan pompa bensin menjadi lebih berisiko. Simpanlah sebotol kecil pembersih agar Anda dapat segera membersihkannya setelah kegiatan ini,” saran Braunstein.
4. Vaksinasi

Vaksinasi yang pasti sangat penting untuk memperlambat penyebaran virus dan mengurangi keparahan penyakit.
Melalui vaksin, tubuh akan terlindungi dengan cara membentuk respons antibodi tanpa harus sakit terlebih dahulu. Artinya, vaksin COVID-19 mampu melindungi tubuh seseorang dari infeksi virus corona. Tidak hanya itu, jika kamu terinfeksi virus penyebab COVID-19, vaksin bisa membantu mencegah tubuhmu dari sakit parah atau potensi munculnya komplikasi serius.
5. Menjaga jarak

Menjaga jarak sangat penting apabila terpaksa bertemu orang di luar rumah, hindari kontak fisik seperti bersalaman untuk meminimalisir penularan, hindari keruman ramai.

0 WooCommerce Floating Cart

No products in the cart.

Open chat
Ada yang bisa Kami bantu?